Senin, 09 Juni 2014

Meracik Pakan Lele Dari Kotoran Sapi


Baik, pengalaman ini didapatkan dari beberapa orang yang sudah mencoba membuat pakan alternatif ini. Jangan dibayangkan mentah-mentah bahwa kotoran buat makanan, sebenarnya prinsipnya kita memanfaatkan kotoran sapi yang nantinya sebagai media tumbuh cacing. Nah,,berikut adalah cara pembuatan pakan alternatif yang saya maksudkan.
Untuk resep 10 Kg  Kotoran sapi.
Bahan
  1. Kotoran sapi yang sudah didiamkan sekitar 1 mingguatau minimal 5 hari  di ruang terbuka sebanyak 10 kg.
  2. Probiotik Cair, dapat di beli di toko-toko pertanian. Jenis probiotik yang biasa digunakan adalah EM4, Biocatfish dan masih banyak lagi, tinggal kita tanya saja saat akan membeli di toko pertanian. Dapat juga tidak menggunakan Probiotik, tapi waktu inkubasi / waktu penimbunan akan semakin lama.
  3. Air untuk melumatkan kotoran sapi yang sudah mengering, atau kotoran sapi yang terlalu keras. Air ini sifatnya sebagai pengencer, namun jangan terlalu encer saat proses pengenceran. Idealnya seperti adonan yang kental seperti adonan roti.
    Alat
    1. Drum yang ada tutupnya, atau wadah apa saja yang kedap udara dan tidak ada lubang.
    2. gayung
    3. Ember
    4. dan alat-alat lain yang kiranya dibutuhkan.
    Cara Pembuatan :
    1. Siapkan adonan kotoran sapi yang tadi telah dibuat seperti adonan sebanyak 10 kg. Disini kita akan membuat resep untuk 10 Kg kotoran sapi.
    2. Masukan adonan tadi ke dalam blong / drum atau wadah lain yang kedapudara.
    3. Siapkan probiotik dan tuangkan sebanyak 20 tutup botol atau sekitar 200 ml probiotik ke dalam kotoran sapi tadi.
    4. Aduk agar merata dan tercampur sempurna.
    5. Inkubasi / diamkan selama 24 jam di tempat yang tertutup agar terjadi Fermentasi / Penguraian. pada proses ini jangan ada udara yang masuk, karena udara akan menggagalkan proses fermentasi. Dalam istilah biologi fermentasi jenis ini adalah fermentasi tanpa membutuhkan Oksigen. Jadi usahakan benar-benar tertutup rapat.
    6. Setelah 24 jam, Buat lubang di wadah. Biarkan udara masuk kedalam. Biarkan selama minimal 7 hari dalam keadaan teraliri udara, semakin lama semakin bagus, namun jangan sampai bertahun-tahun . Lubang di buat atau dengan membuka seperempat tutup saja atau melubangi tutup.
    7. Setelah sekitar 7 hari akan banyak cacing yang hidup, ini menandakan proses pembuatan Pakan lele berhasil. 
    8. Pakan sudah dapat digunakan, biasanya pakan jenis ini sangat cocok untuk lele pada saat pembenihan atau masih berukuran tidak lebih besar dari 2 jari.
    Semoga Artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com